cool hit counter

PWM Lampung - Persyarikatan Muhammadiyah

 PWM Lampung
.: Home > Berita > STIE Muhammadiyah Pring Sewu Lampung Tandatangani MoU Kerjasama dengan UMP

Homepage

STIE Muhammadiyah Pring Sewu Lampung Tandatangani MoU Kerjasama dengan UMP

Kamis, 12-09-2017
Dibaca: 101

Lampung.muhammadiyah.or.id  – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai lembaga pendidikan tinggi yang terus berkembang mendapat perhatian khusus. Kepercayaan publik terhadap UMP terbangun melalui prestasi yang diperoleh. Prestasi gemilang yakni dengan akreditasi A Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Hal ini membuat FEB UMP menjadi contoh Univaersitas lain dalam mengembangkan fakultas sejenisnya.

 

Bertempat di Ruang Rektor Kantor Pusat UMP pada 9 September 2017 telah dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama oleh STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung dan Univeritas Muhammadiyah Purwokerto. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, SH., Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Anjar Nugroho, M.S.I., M.HI., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Drs. Joko Purwanto, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. H. Aman Suyadi, M.P., Biro Pengembangan dan Kerjasama, Suryo Budi Santoso, Ph. D., Dekan FEB, Akhmad Darmawan, S.E. M.Si., dan Rektor STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Drs. Sapto Yuwono, M.M. beserta Wakilnya.

 

MoU yang ditandantangi merupakan bentuk kerjasama untuk mengembangkan STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Secara usia STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung tergolong masih baru. Pasalnya, baru satu program studi yang telah dibuka dan masih dalam tahap pengembangan. “Empat PTM di Pringsewu akan digabungkan menjadi UM Pringsewu Lampung untuk mengembangkan sistem pendidikan baik kuantitas dan kualitas program studi (Prodi)”, kata Rektor STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Drs. Sapto Yuwono M.M. Prodi yang sedang dikembangkan adalah Prodi S1 Menejemen, pengembangan yang sedang dilakukan dari segi kuantitas dan kualitas dosen. Penguatan lembaga juga dilakukanuntuk meningkatkan kualitas universitas. Salah satu penguatan tersebut melalui kerjasama dengan berbagai mitra.

 

UMP menjadi salah satu mitra yang diajak kerjasama oleh STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung karena UMP telah maju dari segi kualitas SDM dan telah mapan secara universitas. Penandatangan MoU disambut dan diterima dengan baik oleh UMP. Rektor UMP, Dr. Syamsuhadi Irsyad, SH., bahwa prestasi yang telah diraih oleh UMP memerlukan proses panjang. Seperti yang dilakukan oleh FEB yang telah mendapatkan akreditasi A. Proses tersebut dapat dijadikan pengalaman untuk mengembangkan prodi di STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung. “Mudah-mudahan kerjasama yang diinginkan STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung dengan UMP dapat berlangsung dengan lancar,” kata Dr. Syamsuhadi Irsyad, SH.

 

Kurikulum Kewirausahaan FEB UMP Menjadi Daya Tarik STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung untuk Lakukan MoU.

 

Tujuan STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung melakukan MoU dengan UMP karena kesuksesan FEB UMP. Kesuksesan tersebut adalah dengan akreditasi A FEB UMP. Melalui Dekan FEB UMP, Akhmad Darmawan, S.E. M.Si., kunci kemajuan FEB UMP dengan menerapkan kurikulum Kewirausahaan. Proses yang dilalui FEB UMP tidak singkat, pasalnya perlu mengubah mindset civitas akademika untuk satu visi menerapkan Kurikulum Kwirausahaan tersebut. Dalam kurikulum tersebut bertujuan membentuk mahasiswa menjadi enterprenuer dan pekerja. “Mindset dosen dan mahaasiswa di FEB pada waktu itu masih sebagai pekerja, dengan diterapkan kurikulum ini mahasiswa akan terlahir sebagai enterpreneur dan pekerja jika blm memiliki modal” kata Akhmad Darmawan, S.E. M.Si.

 

Kurikulum Kewirausahawan tepat diaplikasikan di FEB UMP. Kurikulum tersebut sebagai perwujudan UMP yakni Unggul, Modern, Islami. Perwujudan unggul melalui kegiatan enterpreneur mahasiswa FEB UMP secara mandiri, Islami dengan menciptakan produk untuk kemaslatan umat, dan modern dalam proses produksi dan menejemen produk. “STIE Muhammadiyah Pringsewu dapat menerapkan kurikulum tersebut untuk mengembangkan kualitas prodi,” kata Akhmad Darmawan, S.E. M.Si.

 

(Suber: Humas UMP)


Tags: STIE MUHAMMADIYAH LAMPUNG, UMP, MUHAMMADIYAH LAMPUNG
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website